Taki-takining Sewaka Guna Widya

 

Pemanfaatan Microsoft Exel Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Seiring dengan pesatnya perkembangan  teknologi informasi komputer saat ini, manfaat komputer telah dirasakan di berbagai sektor kehidupan. Dalam sektor pendidikan misalnya, pemanfaatan komputer sudah berkembang tidak hanya sebagai alat yang hanya dipergunakan untuk urusan keadministrasian saja, melainkan juga dimungkinkan untuk digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan media pembelajaran. Hal semacam ini perlu ditanggapi secara positif oleh para guru sehingga komputer dapat menjadi salah satu media yang dapat membantu dalam mengoptimalkan pembelajaran. Salah satu program komputer  yang bisa digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran adalah Microsoft  Office Excel. Khususnya penggunaan Microsoft  Office Excel sebagai media pembelajaran dalam bidang matematika. Ada banyak fungsi yang disediakan Microsoft  Office Excel yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan program microsoft exel untuk melakukan proses perhitungan (perkalian, pembagian) matematika dengan cepat.

Berikut akan coba saya jelaskan sedikit bagaimana memanfaatkan microsoft exel yaitu mengenai

Bagaimana melakukan pembagian di Excel

  1. Masukkan =10/5 kedalam sel kosong pada kolom saldo dan tekan tombol Enter.

Saya pikir akan sulit untuk menjalankan perhitungan di Excel. Tetapi ternyata lebih mudah dibandingkan yang saya perkirakan.

Apakah anda mengetahui cara untuk melakukan perkalian dan pembagian ?

Mungkin masukkan =10÷5 untuk pembagian dan =10×5 untuk perkalian, dan tekan tombol Enter. Benar ?  Jawabannya adalah BUKAN. Konsep anda sudah benar, tetapi operasi perhitungan di Excel sedikit berbeda.

Ketika anda melakukan pembagian menggunakan komputer, anda menggunakan tanda “/ (slash)” untuk menggantikan tanda “÷”. Ketika anda melakukan perkalian, anda menggunakan tanda “* (asterisk)” untuk menggantikan tanda “x”.

Baiklah. Untuk mendapatkan hasil, saya akan memasukkan=10/5 untuk pembagian dan =10*5untuk perkalian, dan tekan tombol Enter.
Sejauh ini apa yang telah saya jelaskan adalah metode yang paling mudah. Pada langkah berikutnya, saya akan memberi tahu cara melakukan perhitungan dengan menggunakan nomor sel.
Nomor sel merupakan kombinasi antara baris dan kolom. Contoh, nomor sel yang berlokasi pada kolom A dan pada baris ke 5 dari atas adalah “A5”.

Kelihatannya lebih rumit.  Jangan khawatir mengenai hal itu! Memahami alamat sel juga mudah. Jadi, ikuti saja instruksi saya.
Pertama, masukkan angka 100 pada sel kosong dari kolom biaya, masukkan angka 0 pada sel dikolom pendapatan, masukkan =E7-C8+D8 pada sel untuk saldo dan tekan tombol Enter.

E7 merupakan saldo sebelumnya. C8 merupakan biaya, jadi saya menggunakan pengurangan untuk perhitungan ini. D8 merupakan pendapatan, jadi saya menggunakan penjumlahan untuk perhitungan ini.
100 rupiah telah menjadi pengurang dari saldo sebelumnya dan “179167” adalah angka yang dihasilkan.

Kegunaan dari metoda ini adalah angka yang dihasilkan otomatis dihitung ulang ketika anda merubah angka yang dijadikan referensi oleh rumus.
Biarkan angka pada sel biaya dan perbaharui angka pada sel pendapatan menjadi 50.

Saldo sebesar “179167” akan diperbaharui menjadi “179217”, dimana terlihat ada penambahan sebesar 50 rupiah.

Bagaimana melakukan perkalian di Excel

  1. Masukkan =10*5 pada sel kosong di kolom saldo dan tekan tombol Enter.
  1. Angka yang dihasilkan adalah “50”.

Demikian cepatnya melakukan perkalian pada microsoft exel. Dengan melakukan hal yang sama seperti pada urain tersebut diatas kita juga dapat menyusun tabel perkalian, kita dapat dengan mudah membuat tabel perkalian.

Tabel perkalian yang umum ditemukan adalah tabel perkalian bilangan 1 sampai 10, tabel perkalian 1 sampai 20 dan tabel perkalian 1 sampai 100. Sebenarnya dengan memakai excel dapat dibuat perkalian yang lebih banyak lagi hingga perkalian ribuan bahkan hingga perkalian jutaan.

Untuk membuat Tabel perkalian bilangan 1 sampai dengan 10 pada Microsoft exel maka ikutilah langkah-langkah Berikut;

  1. Bukalah  Program Microsoft Exel
  2. Atur Lebar kolom dan Tinggi  baris sesuai kebutuhan
  3. Pada sel A1 keik X, Kemudian pada sel A2 ketik angka 0, pada A3 ketik 1, dst sampai sel A11 ketik angka 10
  4. Pada sel B1 ketik angka nol, C1 ketik angka 1 dst sampai ke sel K1 ketik angka 10
  5. Lalu pada sel B2 ketik rumus “=A2*0”  Dan pada sel C2 ketik Rumus “=A2*1” Pada sel D1 ketik Rumus “=A2*2” pada sel D2 ketik Rumus “=A2*3” dan seterusnya. Setelah menekan enter pada sel yang berisi rumus tadi maka akan didapat jawaban secara otomatis, maka klik pada sel yang berisi rumus tadi dan sorot bagian kanan kotak sel sehingga muncul tanda panah untuk melanjutkan rumus tadi ke sel berikutnya. Maka akan segera kita dapatkan hasilnya.
  6. Lakukan hal yang sama pada sel-sel lain yang mengandung rumus.

Apabila mengalami masalah coba klik dua kali tabel perkalian berikut dan perhatikan rumus-rumus yang terdapat pada sel-sel yang dimaksud.

Catatan :

Program Microsoft yang mendukung adalah Office 2007 atau 2010.

Apabila mengalami masalah coba klik dua kali tabel perkalian berikut dan perhatikan rumus-rumus yang terdapat pada sel-sel yang dimaksud.

Catatan :

Program Microsoft yang mendukung adalah Office 2007 atau 2010.

tertarik lebih lanjut baca selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: